Selasa, 29 Januari 2008

PROFIL STIKES YARSI MATARAM


P R 0 F I L
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN YARSI MATARAM
I. PENDAHULUAN
Sebelum dikonversi menjadi Stikes Yarsi Mataram Prodi D III Keperawatan,
sebelumnya bernama AKADEMI KEPERAWATAN YARSI MATARAM sesuai
dengan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 196/D/O/2005, tentang
Pendirian Stikes Yarsi Mataram tanggal 29 Desember 2005.
Tujuan pendlidikan Stikes Yarsi Matataram adalah "Mendidik tenaga
kesehatan yang profesional dalam bidangnya dan berakhlakul karimah serta bertaqwa
kepada Allah SWT.
Kualitas tenaga kesehatan akan dapat diperoleh apabila sejak awal yakni pada
saat penerimaan mahasiswa sangat diperlukan pelaksanaan secara selektif dan harus
sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan penerimaan yang dikeluarkan oleh Badan
Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPSDM), proses belajar mengajar
berjalan dengan baik sesuai kurikulum yang ditetapkan, tenaga pengajar yang
berkualitas dan sarana prasarana pendidikan yang memadai.
Untuk memperoleh seberapa jauh kualitas penyelenggaraan pendidikan di Stikes
Yarsi Mataram Prodi D III Keperawatan, diperlukan suatu evaluasi yang menyangkut
keseluruhan proses yakni sejak seleksi penerimaan mahasiswa baru sampai dengan
lulusan yang dihasilkan dan seberapa banyak lulusan tersebut mendapatkan
kesempatan bekerja. Karenanya di pandang perlu untuk membuat profil yang
merupakan gambaran sekaligus evaluasi atau penilaian terhadap Stikes Yarsi
Mataram Prodi D III Keperawatan.
II. Tujuan
Pernbuatan profil Stikes Yasri Mataram Prodi D III Keperawatan bertujuan untuk :
1. Pedoman perencanaan dan evaluasi program Prodi D III Keperawatan;
2. Pedoman dalam penyelenggaraan dan pengembangan Prodi D III Keperawatan;
3. Pedoman untuk pembinaan terhadap pengelola Stikes Yarsi Mataram;
4. Pedoman untuk meningkatkan kualitas atau mutu bagi semua civitas Akademika.
Sebagaimana diutarakan dalarn pendahuluan tersebut diatas bahwa untuk
memperoleh gambaran tentang proses pembelajaran di Stikes Yarsi Mataram Prodi D
III Keperawatan sejak penerimaan mahasiswa sampai dengan kelulusannya maka
dibawah ini akan diuraikan dalam bentuk tabel dan gambar.
A. Peneriman Mahasiswa Baru
Sejak berdiri pada Tahun Akademik 1991/1992, Stikes Yasri Mataram Prodi D III
Keperawatan menerima mahasiswa yang mengacu pada petunjuk tehnis penerimaan
siswa / mahasiswa baru yang dikeluarkan oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Untuk memberikan gambaran mengenai
peneriman mahasiswa setiap tahunnya sejak berdiri pada Tahun Akademik
1991/1992 s/d 2003/2004, seperti yang tercantum dalam tabel dibawah ini.
TABEL. 1
DATA PENERIMAAN MAHASISWA BARU SEJAK T.A, 1991/1992 s/d 2006/2007
STIKES YARSI MATARAM PRODI D III KEPERAWATAN
NO. ANGK TAHUN
DAFTAR CALON MHS YANG DITERIMA
L P JML L P JML
1 I 1991/1992 70 66 136 23 23 46
2 II 1992/1993 115 127 242 14 28 42
3 III 1993/1994 81 103 184 19 26 45
4 IV 1994/1995 66 127 193 12 33 45
5 V 1995/1996 51 116 167 9 31 40
6 VI 1996/1997 45 117 162 6 34 45
7 VII 1997/1998 26 64 90 11 34 45
8 VIII 1998/1999 40 117 157 10 50 60
9 IX 1999/2000 100 277 377 7 33 40
10 X 2000/2001 66 221 287 9 31 40
11 XI 2001/2002 74 190 264 20 60 80
12 XII 2002/2003 57 166 223 18 62 80
13 XIII 2003/2004 47 150 197 14 66 80
14 XIV 2004/2005 59 197 256 18 62 80
15 XV 2005/2006 61 178 239 17 63 80
16 XVI 2006/2007 50 208 258 38 92 130
J U M L A H 1008 2424 3432 245 728 978
Dari Tabel peneriman mahasiswa baru diatas terlihat bahwa animo masyarakat
terhadap Stikes Yasri Mataram Prodi D III Keperawatan cukup tinggi dimana untuk
setiap tahunnya masyarakat yang mendaftarkan putra putrinya tidak kurang dari 100
( seratus ) orang, kecuali hanya 1 ( satu ) kali kurang dari 100 ( seratus ) orang yaitu
pada tahun akademik 1997/1998. Akan tetapi untuk tahun akademik 1999/2000
tercatat sebagai tahun yang sangat banyak pendaftamya, pada tahun inilah terlihat
bukti yang signifikan bahwa animo masyarakat sangat tinggi.
Untuk memberikan gambaran agar lebih jelasnya keadaan pendaftar pada Akper
Yarsi Mataram, dibawah ini ditampilkan dalam bentuk gambar.
Dari Tabel peneriman mahasiswa baru diatas terlihat bahwa animo masyarakat
terhadap Stikes Yasri Mataram Prodi D III Keperawatan cukup tinggi dimana untuk
setiap tahunnya masyarakat yang mendaftarkan putra putrinya tidak kurang dari 100
( seratus ) orang, kecuali hanya 1 ( satu ) kali kurang dari 100 ( seratus ) orang yaitu
pada tahun akademik 1997/1998. Akan tetapi untuk tahun akademik 1999/2000
tercatat sebagai tahun yang sangat banyak pendaftamya, pada tahun inilah terlihat
bukti yang signifikan bahwa animo masyarakat sangat tinggi.
Untuk memberikan gambaran agar lebih jelasnya keadaan pendaftar pada Akper
Yarsi Mataram, dibawah ini ditampilkan dalam bentuk gambar.
Untuk memperoleh calon - calon mahasiswa atau peserta didik yang bermutu atau
berkualitas di perlukan berbagai macam langkah antara lain adalah :
1. Mengadakan Sosialisasi ke Sekolah - sekolah Menengah Umum dan yang
sederajat. Hal ini di lakukan agar mereka mengenal secara dekat Stikes Yasri
Mataram Prodi D III Keperawatan schingga mereka akan tertarik untuk
mendaftarkan diri sehingga, akan diperoleh calon - calon mahasiswa yang
bermutu.
2. Dengan mengikuti petunjuk teknis pelaksanaan penerimaan siswa/mahasiswa
baru dari Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan.
3. Dengan mengadakan interfiew terhadap calon mahasiswa agar di ketahui mana
yang benar - benar mempunyai kemampuan dan keinginan sungguh-sungguh
masuk di Akper Yarsi Mataram, serta dapat dilihat sikap dan prilakunya.
B. DAFTAR TENAGA PENGAJAR
Setelah diperolehnya calon-calon mahasiwa yang bermutu atau berkualitas yaitu
rnelalui seleksi penerimaan mahasiswa baru, maka agar terus dapat ditingkatkan
mutu dan kualitas mahasiswa tersebut bila telah duduk di bangku kuliah dan menjadi
lulusan yang berkualitas pula, maka tenaga pengajar selaku pendidik mutlak
ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya.
Pada. tabel dibawah ini dapat dilihat jumlah tenaga pengajar di Stikes Yasri Mataram
Prodi D III Keperawatan sampai dengan Tahun Akademik 2003/2004.
TABEL. 2
DAFTAR TENAGA PENGAJAR PADA STIKES YASRI MATARAM
PRODI D III KEPERAWATAN T.A. 2006/2007
No. Nama Lengkap Pegawai/NIK Tempat/Tgl Lahir Pendidikan Terakhir Keterangan
1. Agus Supinganto, A. Per. Pen.
97.020
Narmada, 07 -8- 1971 D4 Perawat Pendidik D IV FK Unair
Surabaya
2. Kurniatun, A.Per.Pen
97. 021
Lombok Timur, 25-2-1973 D4 Perawat Pendidik D IV FK Unair
Surabaya
3. Haryani , SST
98.026
Sepakek, 29-12-1976 D4 Perawat Pendidik D IV FK Unair
Surabaya
4. Zulkahfi, SST
98.028
Lombok Barat, 6-11-1971 D4 Perawat Pendidik D IV FK Unair
Surabaya
5. Supian Halid, A. Md. Kep
99.029
Narmada, 28-9-1976 D. III Keperawatan T. Belajar di
FKM UNTB
6. Dian Istiani, A. Md. Kep
02.031
Selong, 17-11-1976 D. III Keperawatan Akper Yarsi
Mataram
7. Abdul Muin, A. Md. Kep
08.025
Panede Gandor, 6- 2-1975 D. III Keperawatan Tugas Belajar
Di Univ Braw
8. Misroh Mulianingsih, S. Kep. Ns
98.025
Presak, 18-8-1976 S1 Keperawatan Lulusan PSIK
Unair
9. Susiana Hastuti, SKM
03.038
Sikur, 28-6-1978 S1 Kes. Masyarakat FKM UNTB
10. Zaenal Arifin, A. Md. Kep. Ns
02.033
Blitar, 23-11-1970 D. III Keperawatan Tugas Belajar
Di Univ Braw
11. Winda Nurmayani, A. Md. Kep
03.039
Praya Loteng, 1-7-1981 D. III Keperawatan Poltekes Mataram
12. Jauhari, A. Md. Kep
04.040
Banyuwangi, 15-6-1977 D. III Keperawatan Akper
Muhammadiyah
Jember
13. M. Aris Yusron, S. Kep. Ns
04.041
Pati, 19 Mei 1977 S1 Keperawatan FK Unair
Dari tabel diatas terlihat bahwa masih ada 3 (tiga) orang tenaga dosen yang belum
mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, akan tetapi Stikes Yasri
Mataram Prodi D III Keperawatan sudah merencanakan untuk peningkatan
pendidikan bagi tenaga dosen tersebut.
Untuk Memberikan Gambaran Tentang Peningkatan Tenaga Dosen Tetap seperti
yang tercantum dalam tabel dibawah ini.
TABEL. 3
DAFTAR TENAGA PENGAJAR PADA AKPER YARS1 MATARAM
YANG SEDANG MENGIKUTI TUGAS BELAJAR
TAHUN AKADEMIK 2003/2004
No.
Nama Lengkap
Pegawai/NIK
Tempat
Tugas Belajar
Latar Belakang
Pendidikan
1. Abdul Muin, A. Md. Kep.
08.025
PSIK Universitas
Brawijaya Malang
D. III Keperawatan
2. Supian Halid, A.Md.Kep.
99.029
Fakultas Kesehatan
Masyarakat
Nusa Tenggara Barat
D. III Keperawatan
3. Zaenal Arifin, A. Md. Kep.
02.033
PSIK Universitas
Brawijaya Malang
D. III Keperawatan
Dari data diatas perlu dijelaskan bahwa an. Abdul Muin, A.Md.Kep pada saat ini
sedang mengikuti profesi dan insya Allah pada tahun 2005 sudah selesai, sedangkan
an. Supian Halid, A.Md.Kep pada saat tinggal menunggu Wisuda dan an. Zaenal
Arifin, A.Md.Kep akan mulai mengikuti proses belajar pada bulan September 2004.
TABEL. 4
DAFTAR TENAGA PENGAJAR PADA AKPER YARS1 MATARAM
YANG DIRENCANAKAN PENINGKATAN PENDIDIKANNYA
TAHUN AKADEMIK 2003/2004
No. Nama Lengkap Pegawai/NIK
Tahun Rencana
Tugas Belajar
Pendidikan Yang
Akan Diikuti
1. Dian Istiani, A. Md. Kep
02.031
2005 - 2007 S1 Keperawatan
2. Dian Istiani, A. Md. Kep
02.031
2005 - 2007 S1 Keperawatan
3. Jauhari, A. Md. Kep
04.040
2005 - 2007 S1 Keperawatan
Tenaga pengajar sebagai tulang punggung dari sebuah lembaga atau institusi
merupakan permasalahan yang urgen mendapatkan perhatian, mustahil jika sebuah
institusi mengharapkan lulusannya berkulaitas, namun jika tidak dibarengi dengan
peningkatan sumber daya manusia ( Dosen ) yang berkualitas, maka peningkatan
kualitas tenaga pengajar harus terus menerus ditingkatkan.
Disamping peningkatan kualitas tenaga pengajar, maka peningkatan kuantitasnyapun
perlu mendapatkan perhatian, agar ratio antara tenaga pengajar dengan jumlah
mahasiswa sesuai dengan ukuran idealnya yaitu 1 berbanding 7 - 12.
Akademi Keperawatan Yayasan Rumah Sakit Islam Mataram memiliki jumlah
mahasiswa yang cukup banyak ± sekitar 240 ( dua ratus empat puluh ) orang setiap
tahunnya yang harus dididik dan atau dibimbing.
Melihat Tabel keadaan tenaga, pengajar di Akper Yarsi Mataram, dimana dari segi
kuantitas masih sangat Jauh bila diratiokan dengan jumlah mahasiswa yaitu 7 - 12
mahasiswa untuk 1 Dosen. Namun dengan jumlah Dosen yang ada yaitu sebanyak 12
( dua belas ) orang maka, perbandingannya adalah 1 Dosen: 20 Mahasiswa.
Untuk mencapai ratio 1 ( satu ) Dosen berbanding 12 ( dua belas ) maka Stikes Yasri
Mataram Prodi D III Keperawatan harus menambah ± 7 ( tujuh ) orang tenaga dosen.
Demikian juga halnya dengan ktialitas atau latar belakang pendidikan yang harus
dimiliki oleh masing - masing tenaga Dosen adalah minimal 1 ( satu ) tingkat lebih
tinggi dari mahasiswa yang menjadi peserta didiknya. Jika kita memperhatikan Tabel
diatas bahwa tenaga dosen yang mempunyai latar belakang 1 ( satu) tingkat lebih
tinggi baru 5 ( lima ) orang selainnya masih belatar belakang Pendidikan D. III
keperawatan.
Akan tetapi dari 8 ( delapan ) orang yang masih berlatar belakang Pendidikan D.III
Keperawatan tersebut hanya 3 ( tiga ) orang yang belum mengikuti Pendidikan,
sedangkan 5 ( lima ) orang sedang menjalani proses pendidikan di beberapa
Universitas baik dalam maupun luar daerah.
Untuk membantu agar proses belajar mengajar di Akademi Keperawatan Yayasan
Rumah Sakit Islam Mataram berjalan dengan lancar, maka partisipasi dosen tetap
mutlak dibutuhkan, untuk dosen tidak tetap tersebut Stikes Yasri Mataram Prodi D
III Keperawatan bekerjasama dengan beberapa Instansi maupun Institusi yang
memiliki basis tenaga kesehatan khususnya keperawatan.
Melihat masih kurangnya tenaga dosen baik dari segi kualitas maupun kuantitas
maka Stikes Yasri Mataram Prodi D III Keperawatan mempunyai Rencana Induk
Pengembangan (RIP) beberapa tahun kedepan. Untuk memberikan gambaran terkait
dengan rencana induk pengembangan tenaga dosen, dapat dilihat pada tabel dibawah
ini.
TABEL . 5
RENCANA PENINGKATAN TENAGA PENGAJAR
STIKES YASRI MATARAM PRODI D III KEPERAWATAN DARI SEGI
KUALITAS
No. Tahun Rencana Tugas Belajar Jumlah Tenaga Dosen Pendidikan Yang Akan
Diikuti
1. 2004 - 2005 2 (dua) Orang S1. Keperawatan
S1. Kesehatan
2. 2005 – 2006 2 (dua) Orang S1. Keperawatan
S1. Keperawatan/S2 Kes
3. 2006 - 2007 1 (satu) Orang S2. Keperawatan/
S2. Kes. Masyarakat
4. 2007 - 2008 2 (dua) Orang S2. Keperawatan/
S2. Kes. Masyarakat
TABEL . 6
RENCANA PENINGKATAN TENAGA PANGAJAR
STIKES YASRI MATARAM PRODI D III KEPERAWATAN DARI SEGI
KUANTITAS
No. Tahun Rencana Tugas Belajar Jumlah Tenaga Dosen Pendidikan Yang Akan
Diikuti
1. 2004 - 2005 1 (satu) Orang S1. Keperawatan/
D. III. Kep
2. 2005 – 2006 1 (satu) Orang S1. Keperawatan/
D. III. Kep
3. 2006 - 2007 1 (satu) Orang S1. Keperawatan/
D. III. Kep
4. 2007 - 2008 1 (satu) Orang S1. Keperawatan/
D. III. Kep
C. DAFTAR TENAGA TATA USAHA
TABEL. 4
DAFTAR TENAGA PENGAJAR PADA AKPER YARS1 MATARAM
TAHUN AKADEMIK 2003/2004
No. Nama Lengkap Pegawai/NIK Tempat/Tgl Lahir Pendidikan Terakhir
1. Imam Maliki, S. Sos
98.027
Praya, 18 Maret 1973 S 1 Administrasi Niaga
2. Sahwan, S. Sos
97. 021
Kb. Kerang, 31 Desember 1967 S 1 Administrasi Niaga
3. Drs. Hasbialloh
96.017
Kelayu, tahun 1963 S 1 Administrasi Niaga
4. Muhammad Zohdi
91. 010
Lombok Barat,11Desember 1963 SLTA
5. Ramlah, SH Bima, tahun 1964 S1 Hukum Pembangunan
91.010
6. Suhirman
92.013
Kopang, tahun 1966 SLTA
7. H. Lalu Faesal Ahyadi
01.030
Mataram, 17 Desember 1970 MAN
8. Bahrudin
91.009
Kr. Tapen, 10 Nopember 1970 SDN
9. Muksin
96.016
Cakranegara, 6 Juli 1970 SLTP
Tenaga tata usaha sebagai penunjang terhadap kelancaran dan efektifnya proses
belajar mengajar dalam sebuah institusi, peningkatan dalam aspek pendidikan juga
sangat diharapkan termasuk peningkatan ketrampilan dan kinerja.
Hal ini dapat di peroleh melalui beberapa langkah, antara lain adalah dengan
mengikutseertakan tenaga Tata Usaha jika ada pelatihan, kursus-kursus dan lainnya
yang dapat berdampak terhadap peningkatan pelayanan khusunya dalam
melaksanakan tugas-tugasnya sebagai pelaksana administrasi pada khususnya dan
pelaksanaan tugas-tugas lain pada umumnya.
Ketentuan tenaga Tata Usaha sebagai tenaga penunjang, kualifikasinya di atur dalam
Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahtraan Sosial Republik Indonesia No.
43/MENKES – KESOS/ SK/ 2001 tentang izin penyelenggaraan pendidikan
Diploma Bidang Kesehatan Tahun 2001.
Akademi Keperawatan Yarsi Mataram akan terus meningkatkan sumber daya
manusia tenaga Tata Usaha sebagai pelaksana administrasi, melalui berbagai langkah
seperti yang di kemukakan diatas yaitu melaui pelatihan-pelatihan kursus-kursus dan
yang lainnya.
D. DATA PESERTA DIDIK
TABEL. 8
DATA PESERTA DIDIK PADA AKPER YARSI MATARAM
TAHUN AKADEMIK 2003/2004
No. Angkatan
Jenis Kelamin
Jumlah
L P
1. XI 13 67 80
2. XII 18 62 80
3. XIII 21 59 80
Jumlah 52 188 240
Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa mahasiswa yang sedang aktif dari tingkat I – III
sejumlah 240 (dua ratus empat puluh) orang, masing-masing tingkat dibagi menjadi
2 (dua) kelas yaitu tingkat IA, B, tingkat III A, B.
Dari jumlah mahasiswa tersebut lebih didominasi oleh wanita, 188 (seratus delapan
puluh delapan) orang atau sama dengan 74% (tujuh puluh empat) perseratus,
sedangkan laki-laki sejumlah 52 (lima puluh dua) orang atau sama dengan 26% (dua
puluh enam) perseratus.
Adapun sumber atau asal mahasiswa terbesar adalah dari Pulau Lombok, sedangkan
dari luar Pulau Lombok ± sekitar 10 – 15%.
Agar lebih memudahkan dalam memberikan gambaran tentang keadaan mahasiswa
yang masih aktif pada tahun Akademik 2003/2004, dibawah ini terdapat gambaran
dalam bentuk gambar.
E. DATA PRASARANA DAN SARANA
TABEL. 9
DAFTAR JENIS DAN JUMLAH RUANGAN PADA
STIKES YASRI MATARAM PRODI D III KEPERAWATAN TAHUN
AKADEMIK 2003/2004
No. Jenis Ruangan Jumlah Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
Ruang Kelas
Ruang Direktur
Ruang Pembantu Direktur
Ruang Tata Usaha
Ruang Dosen
Ruang Perpustakaan
Ruang Lab. Keperawatan
Ruang Lab. Bahasa
Gudang
Ikatan Keluarga Mahasiswa
Kamar Mandi
5 ( lima ) ruang
1 ( satu ) ruang
2 ( dua ) ruang
1 ( satu ) ruang
1 ( satu ) ruang
1 ( satu ) ruang
1 ( satu ) ruang
1 ( satu ) ruang
1 ( satu ) ruang
1 ( satu ) ruang
7 ( tujuh ) ruang
Sesuai Ukuran
Tidak sesuai ukuran
Sesuai ukuran
Tidak sesuai ukuran
Tidak sesuai ukuran
Tidak sesuai ukuran
Tidak sesuai ukuran
Tidak sesuai ukuran
Tidak sesuai ukuran
Tidak sesuai ukuran
Sesuai ukuran
Dari Tabel jenis ruangan dan jumlah yang ada di Akper Yarsi Mataram, perlu dengan
segera untuk di tingkatkan pembangunannya baik kuantitas dan tentunya yang sesuai
dengan standar ukuran dari masing-masing ruangan.
Melihat lahan yang dimiliki Stikes Yasri Mataram Prodi D III Keperawatan sangat
terbatas, maka pengembangan kesamping terasa kesulitan untuk dilakukan, oleh
karenanya pilihan satu-satunya adalah dengan menaikkan pembangunan keatas.
Hal ini sudah dimasukkan dlan RIP ( Rencana Induk Pengembangan ) Stikes Yasri
Mataram Prodi D III Keperawatan bahwa beberapa tahun kedepan pembangunan
gedung berlantai III akan direalisasikan.
TABEL. 10
RENCANA PENGEMBANGAN GEDUNG PADA AKPER YARSI MATARAM
TAHUN AKADEMIK 2003/2004
No. Tahun Jenis Ruangan Jumlah
Rangan Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
2005 – 2006
2006 – 2007
2007 - 2008
2008 - 2009
2009 - 2010
Gedung Asrama Lantai II Thp II
Gedung Lab. Bahasa
Gedung Asrama Lantai II Thp II
Gedung Lab. Keperawatan Thp I
Ruang Kuliah Tahap I
Ruang Kuliah Tahap II
Ruang Kuliah Tahap III
3 ruang
1 ruang
3 ruang
1 ruang
2 ruang
2 ruang
2 ruang
3 ruang
1 ruang
3 ruang
1 ruang
2 ruang
2 ruang
2 ruang
Mengingat sumber dana yang dimiliki oleh Stikes Yasri Mataram Prodi D III
Keperawatan murni hanya dari swadaya masyarakat atau mahasiswa maka
pembangunan prasarana berupa pembangunan gedung dilakukan secara bertahap.
TABEL. 11
SARANA ATAU INVENTARIS AKPER YARSI MATARAM
TAHUN AKADEMIK 2003/2004
No. Nama Barang Jumlah Barang Keterangan
1. Lemari Inventaris 4 buah Baik
2. AC ( Air Conditioner ) 6 buah Baik
3. Filling Cabinet 4 buah Baik
4. Meja Kerja ½ Biro 14 buah Baik
5. Kursi Kerja 20 buah Baik
6. Komputer 8 set Baik
7. Lemari Arsip 2 buah Baik
8. Kursi Arsip 2 buah Baik
9. Meja Kerja 1 Biro 4 set Baik
10. Meja Sidang 1 set Baik
11. Kursi Sidang 10 Buah Baik
12. Jam Dinding 12 Buah Baik
13. Dispenser 2 Buah Baik
14. Pesawat Telpon 1 Buah Baik
15. Faxcimile 1 Buah Baik
16. Mesin Poto Copy 1 Buah Baik
17. Brankas 1 Buah Baik
18. Aipont 6 Buah Baik
19. Bangku Taman 4 Buah Baik
20. Papan Pengumuman 3 Buah Baik
21. Alat Pengeras Suara 1 Buah Baik
22. Bak Sampah Besar 4 Buah Baik
23. Kursi Komputer 5 Buah Baik
24. Lemari Penyimpanan ATK 1 Buah Baik
25. Kendaraan Roda 2 3 Buah Baik
26 Kendaraan Roda 4 1 Buah Baik
27. Sepeda 1 buah Baik
Prosesd belajar mengajar akan dapat berjalan dengan baik dan lancar tidak hanya
dengan adanya bangunan ffisik seperti gedung saja, namun kelengkapan atau
prasarana lainnya seperti alat bantu belajar mengajar lainnya termasuk peralatan
Laboraturium, buku dan AVA merupakan hal yang sangat penting untuk di
perhatikan. Hal ini menjadi faktor yang dapat mengefeltifkan komunikasi dan
interaksi antar pengajar dan mahasiswa.
Alat bantu belajar mengajar adalah sesuatu yang digunakan untuk meningkatkan
pembelajaran agardapat berlangsung tertib, efektif dan efesien sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai.
AVA adalah sesuatu Media untuk menyalurkan pesan atau materi pelajaran dari
pengajar/dosen ke peserta didik sehingga dapant merangsang pikiran, perasaan,
minat dan perhatian peserta didik seperti yang di harapkan, agar proses belajar
mengajar dapat terlaksana lebih epektif. Beberapa media pandang dengar ( AVA )
yang umum digunakan adalah OHP ( Over Head Projector ) dan slide Projector.
TABEL 12
KEADAAN ALAT BELAJAR MENGAJAR PADA
STIKES YASRI MATARAM PRODI D III KEPERAWATAN T.A. 2003/2004
No. Nama Barang Jumlah Keadaan
1. Slide Film Proyektor 1 Buah Baik
2. OHV 6 Buah Baik
3. Layar Slide Film Proyektor 1 Buah Baik
4. Meja OHP 6 Buah Baik
5. Wirelles 4 Buah Baik
6. Kipas Angin 7 Buah Baik
7. White Board 6 Buah Baik
8. Kursi Kuliah 280 Buah Baik
9. Meja Dosen 6 Buah Baik
10. Kursi Dosen 6 Buah Baik
Fasilitas yang tercantum dalam tabel diatas belum semua memenuhi standar
kebeutuhan, dimana ada beberapa komponen atau alat yang perlu penambahan
jumlahnya. Seperti Slide Film Projector dan LCD. Hal ini menjadi kebutuhan dalam
terbantunya proses belajar menjadi lebih epektif maka hal tersebut perlu diperhatikan
pengadaannya, oleh karenanya agar segala hal yang terkait untuk kebutuhan proses
belajar merupakan permasalahan yang urgen untuk dilengkapi, dan inilah yang
merupakan prioritas utama di Akper Yarsi Mataram.
TABEL. 13
FASILITAS YANG DI MILIKI PADA AKPER YARSI MATARAM
DI LABORATURIUM BAHASA T.A. 2003/2004
No. Nama Barang Jumlah Keadaan
1. Komputer 1 Unit Baik
2. LCD 1 Buah Baik
3. VCD 1 Buah Baik
4. Tipe Recorder 1 Buah Baik
5. Video 1 Buah Baik
6. Salon 2 Buah Baik
7. Meja Dosen 1 Buah Baik
8. Kursi Dosen 1 Buah Baik
9. Kursi Kuliah 40 Buah Baik
10. Kipas Angin 1 Buah Baik
Bahasa sebagai alat komunikasi merupakan permasalahan yang perlu diperhatikan,
terutama sekali bahasa inggris yang merupakan Bahasa Internasional. Disamping itu
Bahasa Arab juga perlu mendapatkan perhatian, mengingat permintaan tenaga
kesehatan khususnya tenaga perawat indonesia dari negara-negara timur tengah yang
notabene menggunakan Bahasa Arab sebagai Bahasa komunikasinya. Oleh
karenanya yang belum nampak dalam tabel diatas adalah mikropon sebagai
penunjang agar mahasiswa sebagai pengguna Laboraturium tersebut memiliki
ketenangan dan kenyamanan.
F. PERALATAN LABORATURIUM
Laboraturium adalah merupakan salah satu sarana penunjang yang harus dimiliki
oleh suatu institusi khususnya institusi kesehatan, tanpa adanya laboraturium yang
disertai dengan alat yang memadai maka proses belajar mengajar khususnya praktek
tidak akan dapat berjalan dengan baik.
Berdasarkan Kputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahtraan Sosial Republik
Indonesia Nomor : 43/MENKES-KESSOS/SK/I/2001 tentang Izin Penyelenggaraan
Pendidikan Diploma Bidang Kesehatan standari alat laboraturium sebagai berikut :
TABEL. 14
1. PEMERIKSAAN FISIK
No. Nama Alat Standar Yang Ada Keterangan
1. Spygmomanometer 8 8 Baik
2. Stetoscope 8 12 Baik
3. Termometer - Baik
a. Kovensional 8 14 Baik
b. Digital 8 4 Rusak
c. Min/Max 8 - Baik
d. Disposable 8 - Baik
4. Tong Spatel 8 2 Baik
5. Pengatur Tinggi badan 8 2 Baik
6. Timbangan Berat Badan 8 1 Baik
7. Bak Instrumen 8 6 Baik
8. Troley 8 8 Baik
9. Baki 8 6 Baik
10. Reflex hammer 8 6 Baik
11. Garpu Tala 8 8 Baik
12. Seneter 8 5 Baik
TABEL. 15
2. HYGIENE PERORANGAN
No. Nama Alat Standar Yang Ada Keterangan
1. Merapikan Tempat Tidur
a. Tempat Tidur 8 Baik
b. Kapur 8 7 Baik
c. Alat Kantor 8 7 Baik
d. Seprei 8 9 Baik
e. Bovenlaken 8 5 Baik
f. Perlak 8 14 Baik
g. Selimut 8 6 Baik
h. Sarung Bantal 8 19 Baik
i. Sarung Bantal Guling 8 8 Baik
j. Bantal Guling 8 2 Baik
k. Bantal 8 6 Baik
2. Memandikan
a. Waskom 16 24 Baik
b. Handuk 8 10 Baik
c. Lap Mandi 16 14 Baik
d. Sabun Mandi 8 8 Baik
e. Selimut Mandi 8 6 Baik
f. Sisir rambut 8 0 Baik
g. Sikat Rambut 6 Baik
h. Rak Handuk 8 1 Rusak
i. Kerangjang tempat pakaian kotor 8 9 Baik
j. Pembatas Ruangan 8 2 Baik
3. Menyikat Gigi
a. Sikat Gigi 8 8 Baik
b. Pasta Gigi 8 8 Baik
c. Model Gigi 8 0 Baik
d. Gelas kumur 8 8 Baik
e. Tissue / Lap Kerja 8 8 Baik
f. Perlak/alas kerja 8 14 Baik
4. Menyisir Rambut
a. Sisir 8 6 Baik
b. Bengkok 8 8 Baik
c. Handuk 8 10 Baik
5. Memasang Kap Kutu
a. Kain Segitiga 8 13 Baik
b. Obat Kutu 8 2 Baik
c. Sisir Kutu 8 3 1 Rusak
d. Peniti 8 10 Baik
e. Handuk 8 7 Baik
6. Mencuci Rambut
a. Waskom 2 2 Baik
b. Talang Karet 2 0 Baik
c. Ember 2 2 Baik
d. Shampo 2 4 Baik
e. Sisir 2 2 Baik
f. Handuk Besar 2 2 Baik
g. Handuk Kecil 2 2 Baik
7. Memeotong Kuku
a. Gunting Kuku 2 2 Baik
b. Waskom 2 2 Baik
c. Nail Polis 2 2 Baik
d. Sikat Kuku 2 2 Baik
8. Hygiene Vulva/Penis
a. Kapas Suglimat 5 5 Baik
b. Bedpan 5 2 Baik
c. Bengkok 5 5 Baik
d. Botol Cebok 5 1 Baik
e. Sarung Tangan Steril 5 5 Baik
f. Bak Instrumen 5 5 Baik
g. Gelas Ukur 8 1 Baik
h. Perlak dan alas perlak 8 8 Baik
i. Plester 8 8 Baik
j. Gunting plester 8 8 Baik
k. Pantomuntuk memasang NGT 8 1 Rusak
TABEL. 16
3. KESELAMATAN DAN KEAMANAN
No. Nama Alat Standar Yang Ada Keterangan
1. Mencuci Tangan Steril
a. Kran air mengalir 8 2 Baik
b. Sikat 8 8 Baik
c. Cairan Desinfektan 8 2 Baik
d. Lap Steril 8 8 Baik
2. Barak Schort
a. Isolasi set ( tutup kepala
Sepatu khusus ) untuk
tindakan
8 5 Baik
TABEL. 17
4. MEDKAL BEDAH
No. Nama Alat Standar Yang Ada Keterangan
1. Set Peralatan Luka
a. Bak instrumen berisi : Pinset 8 6 Baik
Anatomis, cirurgis, kasa
steril, lidi kapas, gunting,
jaringan
b. Bengkok 8 8 Baik
c. Keranjang Sampah 8 3 Baik
d. Korentang dalam tempatnya 8 3 Baik
e. gunting perban 8 8 Baik
f. Cairan pembersih luka dan
perawatan ( Na cl )
8 2 Baik
g. Macam-macam pembalut
(Verban biasa, elatis perban )
8 0 Baik
h. Plester 8 8 Baik
2. Chart Anatomi seluruh sistem
tubuh
1 1 Baik
3. Kerangka Manusia 1 1 Baik
4. Alat yang disiapkan untuk
pascah bedah :
a. Tempat tidur pasien multi
turgor
8 1 Baik
5. Concep andModel In Nursing 3 1 Baik
6. Komunikasi terapeutik 3 1 Baik
7. profesional ethics for nursing 3 1 Baik
8. Basic Practise Nursing 3 1
9. Nursing process, a step by
step guido
3 1 Baik
10. Nursing theory 3 1 Baik
11. Pengantar ilmu kesehatan
lingkungan
3 1 Baik
12. Etika Keperawatan 3 1 Baik
13. Kode etik Keperawatan
Indonesia
3 1 Baik
14. Emergency nursing 3 1 Baik
15. Clinikal Nursing Skill and
techniques
3 1 Baik
16.Nursing 3 1 Baik
TABEL. 18
5. MATERNITAS DAN FISIOLOGI
No. Nama Barang Jumlah Keterangan
1. Handscoon 1 toples Baik
2. Kapas savlon 1 toples Baik
3. By clin 500 ml 1 toples Baik
4. Hibicet/cairan savlon 500 ml 1 toples Baik
5. Bengkok 3 buah Baik
6. Bak spuit 1 buah Baik
7. Bak instrumen 1 buah Baik
8. Kom kecil 2 buah Baik
9. Pantom bayi 1 buah Baik
10. Gurita 1 buah Baik
11. Baju bayi 1 buah Baik
12. Sarung tangan bayi 1 buah Baik
13. Sarung kaki bayi 3 buah Baik
14. Masker 1 pasang Baik
15. Temaapt kapas alkohol 1 buah Baik
16. Funduscope alumunium 1 buah Baik
17. Funduscope kayu 2 buah Baik
18. Duk lubang 2 buah Baik
19. Duk 2 buah Baik
20. Gunting ½ koher 1 buah Baik
21. Arteri klem 2 buah Baik
22. Gunting tali pusat 1 buah Baik
23. Gunting episiotomy 1 buah Baik
24. Pinset anatomy 1 buah Baik
25. Kom berisi gas + tampon vagina 1 buah Baik
26. Nalpuder 1 buah Baik
27. Gunting benang 1 buah Baik
28. Jarum 1 buah Baik
29. Benang cutgut 1 buah Baik
30. Slym zuigher bayi 1 buah Baik
TABEL. 19
6. MATERNITAS DAN PATOLOGI
No. Nama Barang Jumlah Keterangan
1. Cocor bebek besar 6 buah Baik
2. Cocor bebek kecil 1 buah Baik
3. Forcep 4 buah Baik
4. Funduseope alumunim 4 buah Baik
5. Pantom mame patalogis 12 buah Baik
6. Pantom perut - panggul 1 buah Baik
7. Pantom alat kelamin pria 1 buah Baik
8. Pantom alat kelamin wanita 1 buah Baik
9. Com kecil + tutup 2 buah Baik
10. Borwater 300 ml 4 botol Baik
11. Rivanol 300 ml 2 botol Baik
12. Gaas steril 2 kotak Baik
13. Perban gulung 3 buah Baik
14. Jarum bedah no. 36 2 gulung Baik
15. Silet 4 buah Baik
16. Pelster 1 buah Baik
17. Lidi kapas 1 toples Baik
18. Catgud 5 gulung Baik
19. Alcohol 500 ml 1 buah Baik
20. Tempat kapas alcohol 1 buah Baik
21. Gaas besar 1 toples Baik
22. Gaas kecil 1 toples Baik
23. Yudium tinctrune 10 ml 1 buah Baik
24. Mercurocroom 1 botol Baik
25. Betadine 1 buah Baik
26. Kapas alcohol 1 toples Baik
27. Duk lubang 2 buah Baik
TABEL. 20
7. ORTHOPEDI
No. Nama Barang Jumlah Keterangan
1. Spalk kayu besar 6 buah Baik
2. Spalk kayu sedang 8 buah Baik
3. Spalk kayu kecil 4 buah Baik
4. Perban Gulung 12 buah Baik
5. Gips Kecil 1 buah Baik
6. Gips sedang 6 buah Baik
7. Gips besar 2 buah Baik
8. Bantal pasir besar 2 buah Baik
9. Bantal pasir sedang 2 buah Baik
10. Bantal pasir kecil 2 botol Baik
11. Tali 1 botol Baik
T O T A L 46 Baik
TABEL. 21
8. ANAK/PEDIATRIK
No. Nama Barang Jumlah Keterangan
1. Bok dokter-dokteran ( P3K ) 2 buah Baik
2. Ayunan 1 buah Baik
3. Ular-ularan 1 buah Baik
4. Sempoa 1 buah Baik
5. Telpon 1 buah Baik
6. Alat-alat dapur 1 buah Baik
7. krensengan 2 buah Baik
8. Balok susun dua 8 buah Baik
9. Meteran 1 buah Baik
10. Meja anak 1 buah Baik
11. Kursi 1 buah Baik
12. Mobil-mobilan 1 buah Baik
13. Timbangan bayi 1 buah Baik
14. Timbangan anak 1 buah Baik
TABEL. 22
9. LABORATURIUM KEPERAWATAN
No. Nama Barang Jumlah Keterangan
1. Microskope 2 buah Baik
2. Hb skala 4 buah Baik
3. Torniquet 1 buah Baik
4. Haemometer sakli 2 buah Baik
5. Pewarna BTA 100 mg 2 buah Baik
6. Lanset 5 buah Baik
7. Slide latex ( VDRL ) 3 buah Baik
8. Tempat untuk periksa gol darah 4 buah Baik
9. Kertas filter 42 lembar Baik
10. Kotak ovale 2 buah Baik
11. Reagen fehling B 150 mg 1 buah Baik
12. Reagen fehling A 150 mg 1 buah Baik
13. Slide microscope 3 buah Baik
14. Gelas ukur 200 ml 6 buah Baik
15. Gelas ukur 250 ml 14 buah Baik
16. Corong kaca 1 buah Baik
17. Penjepit tabung alumunium 2 buah Baik
18. Penjepit tabung kayu 1 buah Baik
19. Pembersih tabung 1 buah Baik
20. Gelas ukur 1000 ml 2 buah Baik
21. Tabung sahli 1 buah Baik
22. Pipet kecil 1 buah Baik
23. Pipet panjang 1 buah Baik
24. Tabung kimia sedang 13 buah Baik
25. Gelas ukur 500 ml 1 buah Baik
26. Rak tabung 1 buah Baik
27. Tabung kimia kecil 12 buah Baik
28. Lampu spiritus 14 buah Baik
29. spiritus 1 botol Baik
30. Alat pengaduk sedang 1 buah Baik
31. Alat pengaduk besar 2 buah Baik
32. Alat pengaduk kecil 1 buah Baik
33. Pipet air 1 lusin Baik
34. Termometer air 11 buah Baik
35. Rak tabung kimia 1 buah Baik
36. Pembakaran 1 buah Baik
37. Gelas ukur 50 ml 1 buah Baik
38. Corong kecil 1 buah Baik
39. Gelas kimia 1 buah Baik
40. Gelas kimia HCL 01 N 1 botol Baik
No. Nama Barang Jumlah Keterangan
41. Glokosa Monohidrat 100 1 gr 1 Buah Baik
42. Slym Zuiger 1 Buah Baik
43. Sterilisator 1 Buah Baik
44. Jarum lumbal fungsi 4 Buah Baik
45. Kirbat Es 6 Buah Baik
46. Escap 2 Buah Baik
47. Buli-buli 2 Buah Baik
48. Traceostomy set 1 Buah Baik
49. WSD set 1 Buah Baik
50. Tabung kimia untuk cairan LP 2 Buah Baik
51. Slym Zuiger bayi 1 Buah Baik
52. Bak spuit 4 Buah Baik
53. Kom kecil + tutup 3 Buah Baik
54. Kom kecil tanpa tutup 22 Buah Baik
55. Bak instrumen 4 Buah Baik
56. Tempat kapas alkohol 3 Buah Baik
57. Senter 1 Buah Baik
58. Payung 2 Buah Baik
59. Gelas ukur 1 Buah Baik
60 Gelas 1 Buah Baik
61. Sendok the 1 Buah Baik
62. Jas hujan 2 Buah Baik
63. Tas 1 Buah Baik
Pada table diatas dapat dilihat bahwa alat-alat laboraturium untuk masing-masing
bagian ada yang sesuai standard dan ada pula yang belum, akan tetapi terdapat juga
beberapa alat atau perlengkapan laboraturium yang lebih dari standard. Terhadap
alat/perlengkapan laboraturium yang masih kurang dari standar akan di usahakan
pengadaannya secara bertahap dan berkesinambungan.
G. SARANA DAN KELENGKAPAN PERPUSTAKAAN
TABEL. 23
DAFTAR INVENTARIS AKPER YARSI MATARAM
DI RUANG PERPUSTAKAAN TAHUN AKADEMIK 2003/2004
No. Nama Barang Jumlah Keterangan
1. Lemari perpustakaan 2 buah Baik
2. Meja kaca 9 buah Baik
3. Kursi baca 30 buah Baik
4. Kaca pengaman 2 buah Baik
5. Kipas angin 1 buah Baik
6. Meja kerja 1 buah Baik
7. Kursi kerja 1 buah Baik
8. Radio kaset 1 buah Baik
9. Lemari dinding 1 buah Baik
Tabel diatas menunjukkan bahwa sebagian besar kelengkapan untuk penyimpanan,
meja dan kursi baca sudah memenuhi standar, hanya sebagian saja yang belum
memenuhi standar yaitu belum adanya komputer sebagi tempat penyimpanan data
dan untuk operasional dalam orang perpustakaan. Sedangkan untuk buku-buku ±
sekitar 200 judul, dari masing-masing judul jumlah exsplarnya masih berpariasi ada
yang sesuai standar dan ada pula yang belum memenuhi standar explar yang harus
dimiliki.
TABEL. 24
DAFTAR JUDUL BUKU JUMLAH EXAMPLAR MILIK
STIKES YASRI MATARAM PRODI D III KEPERAWATAN TAHUN
AKADEMIK 2003/2004
No. Judul Buku Jumlah / Exp. Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
31.
32.
33.
34.
35.
36.
37.
38.
Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis
Kumpulan Kuliah Patologi
Microbiologi
Biokimia
Farmakologi
Obat-obatan dan Larutan
Statistik Kesehatan
Basic Epidemiological dan Statistic
Basic Immunologi dan ITS Medical APPL
Histologi
Virologi
Esential Nutrition dan Diet Terapi
Principle Of Clinical Electrocardioterapi
Blood pressure Control
Cardio Pulmunariy Resusitation
Meintinance Haemodelysis
Coomunity Health Care And The Nursing
Primary Car Tehnicquesar
Pelayanan Kesehatan Dasar
Perawatan Kesehatan Masyarakat
Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan
Penyuluhan Kesehatan Dan Keperawatan
Kesehatan Masyarakat
IUD Pathology And Management
Female Healthand Gynaecology
Pediatri
Exeotinal Infamt
Dasar-dasar Ilmu Keperawatan
Nursing Proces And Nursing Diagnosis
Tehnik Keperawatan Dasar
Nursing Fundamental And Nursing Procedure
Intropution To Person Centered Nursing
Pend. Dasar Tentang Riwayat & Pemeriksaan jasmani
Apa Yang Anda Lakukan Bila Tidak Ada Dokter
Nursing Science In Nursing Praticce
Patinet Care Standar
Planning Research To improve Practice
Patient Care standar
17
2
5
1
11
42
12
89
25
2
5
51
1
4
2
2
25
25
9
280
15
26
306
23
47
28
52
9
25
9
3
2
1
1
9
3
4
3
39.
40
Health Assetment For Profesional
Material And Child Health Pratce
25
7
No. Judul Buku Jumlah / Exp. Keterangan
41.
42.
43.
44.
45.
46.
47.
48.
49.
50.
51.
52.
53.
54.
55.
56.
57.
58.
59.
60.
61.
62.
63.
64.
65.
66.
67.
68.
69.
70.
71.
72.
73.
74.
75.
76.
77.
78.
Community Helath Nursing
Medical Surgical Nursing
Matemitiy And Gynaecology
Ilmu Balut
Pertolongan Pertama ( P3K )
Comorehensive Pediatric Nursing
Mental Health Nursing
Perawatan Pasien Yang Merupakan Pasien Bedah
Urology Nursing
Penanggulangan Keracunan Akut
Perawatan Dini Penderita Cidera
Pedoman Perawatan Ibu dan Anak
Inflant And Child Care
Neurological And Neorosurgical
Keperawatan keluarga, Teori dan Praktek
Ilmu Kesehatan Masyarakat, ( Prinsip2 Dasar)
Proses Dan Dokumentasi Keperatan
Kamus Kedokteran
Kamus Keperawatan
Kamus Bahasa Arab
Ilmu Keperawatan Jiwa
- Buku Saku Keperawatan Jiwa
- Buku Saku Keperawatan Jiwa 1,2,3
Pengantar Dokumentasi Proses Keperawatan
Pengantar Pendidikan Keperawatan
Riset Keperawatan Dan Tehnik Penulisan Ilmiah
Terapi Dengan Musik
- Pemeriksaan Klinis
- Pelajaran Bahasa Arab
- TBA Ilmu Naluri
- Bahasa Arab Gambar
- Pendidikan Kesehatan
Panduan Asuhan Keperawatan yg
Spesifik/Masalah
Panduan Kerja Perawat Menurut Islam
Kamus Keperawatan
Kamus Kedokteran
Panduan Kerja Perawat di Luar Negeri
Kapita Selekta Kedokteran
Penyakit Dalam Jilid 2
KMB vol. 28/II/III ( Karangan Brumer )
Penyakit Syaraf
Ilmu Penyakit Mata
Keperawatan Pada Greatri
Pato Fisiology Semua Penyakit
Mikrobiology Terapan Untuk perawat
306
20
47
8
2
166
30
35
5
25
2
35
80
3
1
2
2
1
1
1
6
4
4
3
3
3
8
11
6
8
2
20
2
1
1
1
1
2
2
3
3
2
2
2
4
1
No. Judul Buku Jumlah / Exp. Keterangan
79. Perawatan Kesehatan Masyarakat 3
80.
81.
82.
83.
84.
85.
86.
87.
88.
89.
90.
91.
92.
93.
94.
95.
96.
97.
98.
99.
100
101
102
103
104
105
106
107
108
109
110
111
112
113
114
115
116
Perawatan Kesehatan Komunitas
Proses Dan dokumentasi
Riset Keperawatan/Kesehatan
Kesehatan Lingkungan
Agama
Pancasila
Kewiraan
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ilmu Sosial Dasar/Ilmu Budaya Dasar
Etika Umum
Ilmu Komunikasi
Pendidikan Kesehatan
Ilmu Kesehatan Masyarakat
Sosiologi
Antropologi Sosial Budaya
Antropologi Kesehatan
Pengantar Psikologi
Fisika Dasar
Fisika Kedokteran
Kimia Dasar
Biokimia
Matematika
Dasar-dasar statistik
Statistik Kesehatan
Metodologi Penelitian
Epidemiologi
Biologi
Mikrobiologi
Anatomi Dan Fisiologi
Fisiologi dan Latihan
Pengantar Fisioterapi
Hidroterapi
Aktrioterapi
Biomekanik dan Terapi Latihan
Patologi
Farmakologi
3
3
3
3
85
100
25
30
30
20
25
35
45
40
30
20
15
30
10
15
20
30
10
8
27
38
40
17
20
25
30
18
10
8
28
15
26
Melihat data tabel buku milik Perpustakaan Akper Yarsi Mataram, bila dibandingkan
dengan perkembangan dan ilmu pengetahuan terutama bidang kesehatan, maka perlu
pengadaan buku-buku yang belum dimilki oleh Akper Yarsi Mataram.
Disamping itu pula melihat jumlah mahasiswa yang cukup banyak maka
penambahan examplar untuk masing-masing judul bukupun perlu diadakan
penambahan agar mahasiswa tidak terlalu lama menunggu untuk kebagian dalam
menggunakan layanan perpustakaan. Oleh karenanya Stikes Yasri Mataram Prodi D
III Keperawatan untuk setiap tahunnya memperogramkan pengadaan buku-buku agar
inventaris perpustakaan khususnya buku segera terpenuhi.
Untuk memberikan gambaran prosentase terkait dengan prasarana dan sarana
khususnya peralatan belajr mengajar, keadaan buku dan keadaan alat-alat
laboraturium keperawatan Stikes Yasri Mataram Prodi D III Keperawatan dapat
dilihat dalam gambar dibawah ini.
H. DAFTAR LULUSAN
TABEL. 25
DAFTAR LULUSAN STIKES YASRI MATARAM PRODI D III
KEPERAWATAN
DARI TAHUN AKADEMIK 1994 – 1995 S/D 2003/2004
No.
ANGKATAN/
TAHUN AKADEMIK
JENIS KELAMIN JUMLAH
LULUSAN
TAHUN
L P
1. I
(1991 / 1992)
19
18
37
1994
2. II
(1992 / 1993)
14
20
34
1995
3. III
(1993 / 1994)
16
27
43
1996
4. IV
(1994 / 1995)
9
25
34
1997
5. V
(1995 / 1996)
13
16
29
1998
6. VI
(1996 / 1997)
5
40
45
1999
7. VII
(1997 / 1998)
11
35
46
2000
8. VIII
(1998 / 1999)
11
46
.
57
2001
9. IX
(1999 / 2000)
5
30
35
2002
10. X
(2000 / 2001)
10
33
43
2003
JUMLAH 113 290 403
Jumlah Lulusan Akper Yarsi Matarm sebanyak 403 ( empat ratus tiga ) orang yang
terdiri dari 10 (sepuluh) angkatan dengan rincian 290 (dua ratus sembilan puluh)
orang perempuan dan 113 (seratus tiga belas) orang lai-laki.
Hal ini juga sesuai yang telah di cantumkan dalam tabel keadaan mahasiswa yang
masih aktif didominasi oleh mahasiswa yang perempuan, demikian juga halnya
dengan keadaan lulusan dimana 72 (tujuh puluh dua) % perempuan, atau 290 (dua
ratus sembilan puluh) orang, sedangkan yang laki hanya 28% yaitu 113 (seratus tiga
belas) orang.
Alhamdulillah lulusan tersebut tidak ada yang sampai menganggur, mereka tersebar
di seluruh instansi/institusi baik pemerintah maupun swasta regional maupun
nasional. Dan diantara lulusan tersebut tidak sedikit dari mereka yang sudah
mempunya NIP (Nomor Induk Pegawai) dan juga yang dapat kesempatan bekerja di
luar negeri.
TABEL. 26
DAFTAR LULUSAN DAN STATUS KEPEGAWAIAN LULUSAN
STIKES YASRI MATARAM PRODI D III KEPERAWATAN DARI TAHUN
AKADEMIK 1994 -2003
No. ANGKATAN/
LULUSAN TH
LUAR
JUMLAH
PNS SWASTA NGABDI NEGERI
1. I
1994 34 2 - 1 37
2. II
1995
20
13
-
1
34
3. III
1996
21
10
10
2
43
4. IV
1997
16
8
10
-
34
5. V
1998
13
13
3
-
29.
6. VI
1999
15
17
13
-
45
7. VII
2000
3
5
38
-
46
8. VIII
2001
1
6
50
-
57
9. IX
2002
3
4
28
-
35
10. X
2003
40
6
33
-
43
JUMLAH
130
84
185
4
403
Memperhatikan tabel diatas terlihat bahwa setiap lulusan Akper Yarsi Matarm sejak
meluluskan tahun 1994 sampai dengan tahun 2003 semua terserap pada instansi
maupun institusi, baik pemerintahan maupun swasta dan atau keluar negeri.
Untuk lebih jelasnya gambaran terkait dengan pendyagunaan lulusan Akper Yarsi
Mataram, baik yang berstatus pegawai negeri sipil, mengabdi, dan yang bekerja di
swasta serta di luar negeri dapat dilihat dalam gambaran di bawah ini.
No. Nama Lengkap Pegawai/NIK Tempat/Tgl Lahir Pendidikan Terakhir
1.
Badrun Nadianto, S.Sos, S.Kep
1119608
Bulurundak, Tahun 1968
S1 Keperawatan
Stikes Mhd Gombong
2
Ns. Abdul Muin, S.Kep
2099817
Penedegandor,
6 Februari 1975
S1 Keperawatan
FSIK Unibraw
3
Drs. H. Abd. Rahim, B.Sc
3050632
Mataram, 1 Januari 1947
S2 Umum
4.
Drs. H. L. Imam Syafi'i
3050633
S1 STPN
5
Ns. Misroh Mulianingsih
2059816
Presak, 18 Agustus 1976
S1 Keperawatan
FSIK Unair
6 Ns. Indah Wasliah, S.Kep Bima, 27 Maret 1980
S1 Keperawatan
FSIK Unibraw
7